Kamis, 05 Mei 2016

Sosial Budaya

Kondisi Sosial dan Budaya yang ada di Kota Kediri dijelaskan dengan deskripsi berikut.

 Ketenagakerjaan
Kondisi Ketenagakerjaan Kota Kediri
Sumber : Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Kediri

Perkembangan Upah Minimum Kota (UMK) Kota Kediri
Sumber : Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Kediri

Kesehatan
Usia Harapan Hidup Kota Kediri
 Sumber : Dinas Kesehatan Kota Kediri

Sosial
 Jumlah Penduduk Miskin Kota Kediri 
Sumber : Data SUSENAS-BPS

Pendidikan
 Angka Melek Huruf Kota Kediri
 Sumber : Dinas Pendidikan Kota Kediri

Selain kondisi sosial, Kota Kediri memiliki kondisi budaya yang tetap dilestarikan. Hal ini karena kepedulian masyarakat terhadap budaya yang sudah diwariskan secara turun-temurun.

Kebudayaan Kota Kediri

Larung Sesaji. Merupakan agenda tahunan dalam memperingati HUT Kota Kediri sebagai wujud syukur masyarakat Kota Kediri karena telah diberi kedamaian, kesuksesan dan rezeki yang ditandai dengan kegiatan melarung bebek, angsa, ayam, dan sesajian untuk diperebutkan masyarakat di Sungai Brantas yang dilakukan oleh Pemimpin Daerah bersama Muspida dan dilakukan bertepatan dengan peringatan HUT Kota Kediri.

Peringatan Ritual Larung Sesaji di Sungai Brantas Kota Kediri
Sumber : jurnalispenuli.blogspot.com

Jaranan. Jaranan merupakan salah satu tarian tradisional khas Kediri. Selain sebagai hiburan, seni jaranan juga dikenal sebagai alat pemersatu masyarakat di Kediri. Meski berupa tarian, jaranan memiliki ciri tersendiri, baik dari tarian, pakaian yang dikenakan, serta irama yang mengiringinya. Kesenian Jaranan dibuat masyarakat Kota Kediri untuk mengenang sayembara yang diadakan oleh Dewi Songgo Langit dan pernikahannya dengan Klana Sewandono atau Pujangganom.
Seni Jaranan memperingati HUT Kota Kediri
Sumber : selomangleng.com
 
Manusuk Sima. Upacara dengan ritual khusus yang digelar di Kawasan Sumber Air Kuwak tempat ditemukannya Prasati Kuwak sebagai bentuk agar seluruh masyarakat Kota Kediri terbebas dari segala bentuk bencana alam sekaligus untuk memperingati sejarah Kerajaan Kediri sebagai tanah perdikan kerajaan di wilayah Jawa Tengah yang lekat dengan budaya Islam dan Hindu.

Manusuk Sima di Sumber Air Kuwak Kota Kediri
Sumber :antarafoto.com

1 komentar: