Jumat, 20 Mei 2016

Potensi

Potensi yang terdapat di Kota Kediri berdasarkan RTRW Kota Kediri Tahun 2011-2030 dibagi berdasarkan pembahasan tertentu sebagai berikut.


Potensi Prospek Pengembangan Struktur Wilayah

  1. Terdapat pasar grosir buah dan sayur skala regional, perdagangan jasa modern (Dhoho Plasa, Mall Kediri dan Sri Ratu) serta pusat pertokoan (Jl. Erlangga – Jl. Hayam Wuruk – Jl. Dhoho – Jl. Patimura – Jl. HOS Cokroaminoto dan Jl. P. Sudirman – Jl. Yos Sudarso) 
  2. Adanya Industri Rokok Gudang Garam di Kelurahan Semampir, Dandangan dan Balowerti Kecamatan Kota, Industri Pabrik Gula Mrican di Kelurahan Mrican Kecamatan Mojoroto dan Industri Pabrik Gula Pesantren, Industri Bekicot, Industri Wood di Kelurahan Pesantren Kecamatan Pesantren dan industri kecil lainnya seperti home industri tahu, getuk tenun ikat dll.
  3. Pesantren Lirboyo di Kelurahan Lirboyo dan Universitas Kadiri di Kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto, UNISKA di Kelurahan Manisrenggo dan STAIN di Kelurahan Ngronggo Kecamatan Kota. 
  4. Perkembangan RSU. Gambiran di Kelurahan Bandar Lor, RS. Kusta di Kelurahan Mojoroto, RS. Bhayangkara di Kelurahan Dandangan, RS. AD (DKT) di Kelurahan Semampir dan RS. Baptis di Kelurahan Bangsal.
  5. Pusat wisata kuliner di pertokoan Kelurahan Pakelan, Setonogedong dan Kemasan, wisata alam dan budaya Selomangleng di Kelurahan Pojok dan wisata kota Pagora di Kelurahan Banjaran. 
Potensi Jaringan Prasarana Transportasi

  1. Pengembangan potensi jalan lingkar di Kota Kediri.
  2. Peningkatan kegiatan dalam skala besar menjadikan beberapa jalan berpotensi untuk dilakukan peningkatan kelas jalan. 
  3. Pengembangan 5 sub terminal baru di Terminal Selomangleng, Terminal Mojoroto, Terminal Ngronggo, Terminal Banaran dan Terminal Tempurejo. 
  4. Pengembangan terminal kargo.
  5.  Pengembangan pangkalan umum. 
  6. Perbaikan stasiun dan penambahan armada serta rute kereta api.
Potensi Jaringan Telekomunikasi
  1. Telekomunikasi memiliki perkembangan yang sangat tinggi karena pada dasarnya sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat Kota Kediri.
  2. Beberapa prasarana telematika telah menjangkau ke berbagai pelosok.
Potensi Jaringan Air Bersih
  1. Jaringan PDAM telah melayani hampir seluruh wilayah Kota Kediri. 
  2.  Jaringan pengairan di Kota Kediri sebagian telah menggunakan irigasi teknis.
Potensi Jaringan Listrik
  1. Jaringan PLN telah hampir melayani seluruh wilayah Kota Kediri. 
  2.  Pembangunan GITET (Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi) di GI (Gardu Induk) Banaran.

Sumber : RTRW Kota Kediri 2011-2030



0 komentar:

Posting Komentar