Sabtu, 21 Mei 2016

Isu Strategis

Isu Strategis yang terdapat di Kota Kediri berdasarkan Profil Kota Kediri Tahun 2014 yaitu terdapatnya berbagai program unggulan yang mendukung lingkungan hidup Kota Kediri. Program tersebut dijelaskan sebagai berikut.

Kawasan Rumah Pangan Lestari (KPPL)
merupakan wadah bagi kelompok wanita yang tergabung dalam KWT (Kelompok Wanita Tani) yang peduli dengan kegiatan tanam menanam, baik tanaman produktif dan toga untuk pemanfaatan pekarangan.
Keunggulan Program : meningkatkan ketahanan dan kemandirian pangan keluarga dan masyarakat; membantu mengangkat kesejahteraan dan perekonomian masyarakat; menjaga kelestarian dan keberagaman sumber pangan lokal; meningkatkan pemanfaatan pekarangan kosong masyarakat menjadi lahan produktif dan menghasilkan.

Adipura
Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kabupaten/kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Adipura diselenggarakan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup. Kota Kediri berhasil mendapat Adipura pada tahun 2010, 2012, dan tahun 2013.


Rumah Kompos
Tempat pemrosesan daur ulang sampah organik yang telah dipilah di bank sampah untuk dijadikan kompos. Tujuannya yaitu sebagai sarana pengelolaan sampah di masyarakat skala kawasan. Pengomposan skala kawasan hasilnya untuk masyarakat kembali. Pemberdayaan masyarakat tentang pengelolaan sampah mandiri serta membantu pemerintah mengurangi volume sampah. Di Kota Kediri terdapat 5 rumah kompos yang berada tersebar di 3 kecamatan, yakni di Kelurahan Rejomulyo, Kelurahan Bujel, Kelurahan Lirboyo, Kelurahan Banaran, dan Kelurahan Sukorame.

Bank Sampah
Tempat pengumpulan sampah yang sudah dipilah ini dibentuk karena kondisi lingkungan kumuh akibat overload-nya Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) yang kemudian berkembang menjadi pengelolaan sampah yang terorganisir dan menghasilkan nominal uang dan hasilnya dikembalikan ke masyarakat (penyetor sampah) dalam bentuk uang tunai, tabungan, voucher, sarana simpan pinjam (koperasi), dan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Di Kota Kediri terdapat 60 Bank Sampah yang tersebar di 3 Kecamatan diantaranya Kecamatan Mojoroto terdapat 21 bank sampah, Kecamatan Kota terdapat 20 bank sampah, dan Kecamatan Pesantren terdapat 19 bank sampah.

0 komentar:

Posting Komentar